Pakamban Laok Bersemangat (Pakamban Laok Bersih, Sejahtera, makmur dan Aman dengan Pemerintahan Yang Adil dan Transparan) Visi dan Misi Desa Pakamban Laok

Artikel

Masyarakat Pakamban Laok memperingati Malam Nishfu Sya'ban

07 Maret 2023 10:47:02  Administrator  70 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pakamban Laok, 7/3/2023 Bulan Sya'ban merupakan bulan yang ke-8 dalam sistem kalender Islam. Bulan Sya'ban berada di antara bulan hijriyah Rajab dan Ramadhan. Nama bulan ini berakar dari kata bahasa arab tasya'aba yang berarti berpencar.

Rasulullah menyebut bulan Sya’ban ini sebagai bulan yang sering dilupakan manusia. Ia dilupakan karena berada di antara dua bulan yang menyedot perhatian: bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan Rajab diperhatikan karena ia merupakan salah satu dari bulan Haram, sementara Ramadhan karena adanya kewajiban puasa sebulan penuh di dalamnya.namun, ada 1 hal yang penting dalam bulan Sya'ban yaitu Malam Nishfu Sya'ban.

Malam Nisfu Syaban merupakan malam pada pertengahan bulan Syaban atau malam tanggal 15 Syaban. Tahun ini malam Nisfu Syaban jatuh pada Selasa, 7 Maret 2023 hingga Rabu, 8 Maret 2023. Dalam hadis riwayat Nasai No. 2356, Ahmad No. 21753, dan disahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, disebutkan bahwa malam Nisfu Syaban adalah saat di mana catatan amal setiap manusia akan ditutup lalu disetorkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. kemudian pada malam itu pula dibuka lembaran cacatan amal yang baru setiap manusia. 

Masyarakat Desa Pakamban Laok pada malam Nisfu Syaban ini melakukan amalan sebanyak-banyaknya dengan bersama sama melakukan kegiatan membaca doa, membaca dua kalimat syahadat, dan memperbanyak istighfar di Masjid-masjid dan mushalla-mushalla yang berada di Desa Pakamban Laok.

Keistimewaan malam nisfu Syaban sendiri berdasarkan pada beberapa hadis. Salah satu yang populer di masyarakat tentang malam nisfu Syaban yaitu hadis dari Mu'adz bin Jabal radhiyallahu 'anhu. Dalam hadis tersebut disebutkan bahwa pada malam nisfu Syaban, Allah SWT akan mendatangi makhluk-Nya dan memberikan ampunan dosa.

"Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan."

pada malam nishfu sya'ban ini, ada beberapa amalan yang dapat dilakukan, yaitu:

1. membaca surat Yasin sebanyak 3 kali dengan masing-masing di akhir pembacaan meminta dipanjangkan umur, diberi rezeki yang halal, dan khusnul khatimah

2. membaca sebanyak-banyaknya duakaliamt syahadat atau lafadz lailaaha illallahu muhammad rasulullah

3. memperbanyak istigfar karena tidak ada satupun manusia yang bersih dari dosa dan salah. 

(AF/HBA)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Sumenep - Pamekasan No. 110
Desa : Pakamban Lao
Kecamatan : Pragaan
Kabupaten : Sumenep
Kodepos : 69465
Telepon :
Email : pakambanlaok.pragaan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1
    Kemarin:76
    Total Pengunjung:24.239
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.17.3.252
    Browser:Mozilla 5.0