Pakamban Laok Bersemangat (Pakamban Laok Bersih, Sejahtera, makmur dan Aman dengan Pemerintahan Yang Adil dan Transparan) Visi dan Misi Desa Pakamban Laok

Artikel

Visi dan Misi

24 Agustus 2016 10:48:28  Administrator  92 Kali Dibaca 

 

 

 

 

 

 

 

 

VISI

"PAKAMBAN LAOK BERSEMANGAT"

(Pakamban Laok Bersih, Sejahtera, Makmur, Aman dengan Pemerintahan yang Adil dan Transparan)

Di dalam visi tersebut terdapat 7 (tujuh) makna kata kunci yaitu : Pakamban Laok Bersih, Rapi,  Sejahtera, Makmur, Aman, Pemerintahan yang Adil, Transparan dengan uraian :

  1. Pakamban Laok yang Bersih adalah harapan seluruh masyarakat Desa Pakamban Laok. Lingkungan desa yang bersih dari tumpukan sampah dan limbah adalah kondisi yang diharapkan dalam pembangunan sepanjang 2017 – 2023. Selain itu, bersih juga harus menjadi ikhtiar untuk mewujudkan sikap dan perilaku aparatur pemerintahan desa yang tidak terkontaminasi praktek-praktek korupsi yang bisa mengganggu pelayanan dan kualitas pelayanan publik yang dikembangkan oleh pemerintah desa.
  2. Sejahtera memiliki makna, Pakamban Laok merupakan sebuah wilayah yang mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah. Apabila Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah seperti pertanian, kelautan, perkebunan dan sektor industri rumah tangga/kecil lainnya dapat dikelola dengan baik dan dimaksimalkan niscaya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan ditandai dengan semakin meningkatnya kualitas hidup yang layak, tercukupinya kebutuhan dasar pokok Manusia yang meliputi pangan, papan, sandang, kesehatan, pendidikan dan lapangan kerja, yang didukung oleh infrastruktur sosial budaya ekonomi yang memadai bagi masyarakat Pakamban Laok.
  3. Makmur adalah cita-cita yang dipercayakan kepada Pemerintah Desa Pakamban Laok untuk diwujudkan melalui serangkaian kewenangan yang dipunyai pemerintah desa. Kondisi makmur di Desa Pakamban Laok tercapai jika seluruh masyarakat Desa Pakamban Laok dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka secara layak sesuai dengan kondisi masing-masing keluarga.
  4. Aman, situasi Desa Pakamban Laok yang aman dan tertib merupakan kondisi yang mutlak diperlukan oleh masyarakat. Situasi aman berarti masyarakat Desa Pakamban Laok terbebas dari segala gangguan, baik berupa fisik maupun non fisik, yang mengancam ketentraman kehidupan dan aktifitas masyarakat. Sehingga situasi masyarakat akan kondusif untuk turut serta mendukung jalannya pembangunan. Untuk menjamin situasi aman bagi masyarakat, pemerintah Desa Pakamban Laok akan mewujudkan ketertiban masyarakat. Untuk itu, kondisi pemerintahan yang aman dan stabil juga akan diwujudkan demi suksesnya pembangunan di Desa Pakamban Laok.
  5. Pemerintahan yang Adil bahwa terciptanya kondisi yang adil disegala bidang kehidupan adalah harapan seluruh masyarakat Desa Pakamban Laok. Adil diberikannya bagi siapapun yang telah melaksanakan kewajiban mereka. Selain itu, adil juga berarti kesetaraan posisi semua warga masyarakat dalam hukum dan penyelenggaraan pemerintahan. Untuk mewujudkan keadilan di tengah-tengah masyarakat, pemerintah Desa Pakamban Laok juga akan menjalankan tugas dan fungsinya dengan mengedepankan prinsip-prinsip keadilan. Sebuah usaha untuk mewujudkan sikap dan perilaku aparatur pemerintahan yang tidak terkontaminasi praktik-praktik membeda-bedakan suku, agama, ras atau kelompok, yang bisa menganggu kelancaran dan kualitas pelayanan publik yang dikembangkan Pemerintah Desa Pakamban Laok. Adil juga dimaksudkan sebagai pemerataan distribusi hasil pembangunan secara proporsional berdasarkan kebutuhan, sehingga dengan pola keseimbangan atau keadilan pembangunan di masyarakat akan sama-sama dapat merasakan “nikmat‟nya pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.
  6. Transparan adalah keterbukaan untuk umum sebagai salah satu unsur penting dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih yang dimaknai sebagai pengejawantahan nilai-nilai luhur dalam mengarahkan Masyarakat dan pemerintahan yang berkeadaban melalui wujud pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Upaya pemerintahan yang bersih adalah sikap di mana para pemegang kekuasaan dan masyarakat diatur oleh suatu sistem kehidupan politik dan hukum yang demokratis, terbuka, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dalam praktiknya pemerintahan yang bersih adalah model pemerintahan yang efektif, efisien, jujur, terbuka dan bertanggungjawab, yang selalu mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Transparansi mutlak diwujudkan sejak proses pembangunan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan refleksi, sehingga dengan transparansi tersebut semua proses pembangunan hingga keluaran yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan oleh semua pihak.

  

MISI

Misi Prioritas Pembangunan Desa Pakamban Laok Tahun 2017-2023 dalam meraih visi seperti yang sudah dijabarkan diatas dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang Agamis, Cerdas, Kreatif, Inovatif dan bermoral melalui peningkatan kualitas layanan Pendidikan, pembinaan keagamaan, Kesehatan dan kebutuhan dasar yang mendorong peningkatan tata pola kehidupan masyarakat yang aman dan tentram dalam bernegara, berbangsa dan bermasyarakat;
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur Fisik, Ekonomi dan Sosial yang didukung Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan;
  3. Meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan potensi Ekonomi Lokal dalam sektor pertanian, Industri, Perdagangan, Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Koperasi, UMKM dan Desa wisata atau ekowisata serta usaha pendukungnya;
  4. Meningkatkan kualitas sumberdaya desa dengan memanfaatkan kearifan lokal melalui pemberdayaan masyarakat, pemuda dan perempuan, seni budaya, serta olahraga untuk mengentas kemiskinan;
  5. Mewujudkan Pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan masyarakat yang berkualitas.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Sumenep - Pamekasan No. 110
Desa : Pakamban Lao
Kecamatan : Pragaan
Kabupaten : Sumenep
Kodepos : 69465
Telepon :
Email : pakambanlaok.pragaan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:19
    Kemarin:16
    Total Pengunjung:23.723
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.17.3.252
    Browser:Mozilla 5.0