Pakamban Laok Bersemangat (Pakamban Laok Bersih, Sejahtera, makmur dan Aman dengan Pemerintahan Yang Adil dan Transparan) Visi dan Misi Desa Pakamban Laok

Artikel

Basecamp In Ramadhan, Anak Pakamban Laok Belajar Membatik

18 Maret 2024 09:46:03  Administrator  36 Kali Dibaca  Berita Lokal

Senin, 18 Maret 2024

Mengusung konsep ilmu dan keterampilan Base Camp In Ramadhan pagi ini, anak desa Pakamban Laok kecamatan Pragaan belajar membatik pada narasumber yang sudah berpengalaman yaitu mbak Maimunah. 

 

Beliau pernah belajar membatik di Blitar selama 1,5 bulan. Pengalaman itu lalu ditularkan kepada anak-anak desa Pakamban Laok dalam Base Camp In Ramadhan.

 

Menurut Maimunah, membatik memang butuh keterampilan khusus, namun, sejatinya semua orang bisa belajar membuat batik sendiri. 

 

"Kalau mau belajar dengan tekun, sejatinya setiap orang bisa membatik," ucapnya sembari mendampingi anak anak belajar, Senin (18/03/2024) di balai desa Pakamban Laok.

 

Disebutnya, terdapat beberapa teknik pembuatan batik yang bisa dicoba oleh pemula, setelah tahu belajar di base camp nantinya para peserta bisa dilakukan sendiri di rumah.

 

Sebelum belajar pada kain yang sudah disiapkan, alat-alat yang umumnya digunakan untuk menggambar batik antara lain pensil, penghapus, dan penggaris jika dibutuhkan. 

 

"Kita akan belajar dulu membuat pola, silahkan masing masing berimajinasi, dan menggambar sendiri," jelasnya, sembari memberi kertas, pensil dan penghapus kepada semua peserta.

 

Semua itu digunakan untuk membuat pola. Selanjutnya dalam pewarnaan katanya bisa menggunakan digunakan cat warna, pensil warna, cat akrilik, cat air, atau lainnya.

 

"Belajar dengan rajin. Ini masih pelajaran awal, nanti kalau tekun bisa kembangkan dirumah sendiri, dan bahkan bisa menjadi penghidupan masa depannya nanti." Ucapnya. (Zbr/Mz)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Sumenep - Pamekasan No. 110
Desa : Pakamban Lao
Kecamatan : Pragaan
Kabupaten : Sumenep
Kodepos : 69465
Telepon :
Email : pakambanlaok.pragaan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:49
    Kemarin:16
    Total Pengunjung:23.753
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.17.3.252
    Browser:Mozilla 5.0