Pakamban Laok Bersemangat (Pakamban Laok Bersih, Sejahtera, makmur dan Aman dengan Pemerintahan Yang Adil dan Transparan) Visi dan Misi Desa Pakamban Laok

Artikel

Pemdes Pakamban Laok dalam Kegiatan Jum'at Bersih

21 Januari 2022 15:29:11  Administrator  44 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pakamban Laok, 21 Januari 2022, Ramai-ramai melaksanakan surat edaran Bupati Sumenep perihal Kegiatan Jumat Bersih, Pemerintah Desa Pakamban Laok membersihkan jalan menuju Bhujuk (pesarean) Pangpajung yang berada di Dusun Galis Desa Pakamban Laok Kecamatan Pragaan.

Bhujuk Pangpajung selain diyakini sebagai makam orang shaleh yang keramat juga merupakan pemakaman umum warga yang tinggal di dusun Galis dimana setiap waktu terutama bila hari Kamis sore atau hari Jumat sering dikunjungi warga untuk mengirimkan bacaan Fatihah, yasin dan tahlil bagi arwah yang meninggal dunia.

"Karena pemakaman warga dusun Galis, sering dikunjungi warga, maka harus dibersihkan," ujar Kepala Desa Pakamban Laok Mukhlisin.

Di kalangan warga masyarakat mengunjungi pesarean orang shaleh dan orang tua menjadi kebiasaan yang diwariskan oleh leluhur. Warga meyakini siapa saja yang menziarahi sekali makam kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya pada setiap Jumat, niscaya Allah akan mengampuninya dan anak yang mengunjungi tercatat sebagai anak yang berbakti kepada keduanya.

"Karena itu maka jalan menuju pesarean harus bersih supaya warga makin rajin dan betah mengunjungi makam leluhurnya," tambahnya.

Menziarahi makam orang tua tentu akan menyenangkan bagi ahli kubur, karena menurut keterangan bahwa orang-orang yang telah meninggal mengetahui orang yang menziarahinya pada hari Jumat, serta satu hari sebelum dan setelahnya.

"Ahli kubur tentu juga senang kalau jalan menuju maqbarahnya dibersihkan sehingga anak cucunya makin rajin berziarah." Pungkasnya. (Hba/Mz).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Sumenep - Pamekasan No. 110
Desa : Pakamban Lao
Kecamatan : Pragaan
Kabupaten : Sumenep
Kodepos : 69465
Telepon :
Email : pakambanlaok.pragaan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:28
    Kemarin:76
    Total Pengunjung:24.266
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.17.3.252
    Browser:Mozilla 5.0