Pakamban Laok Bersemangat (Pakamban Laok Bersih, Sejahtera, makmur dan Aman dengan Pemerintahan Yang Adil dan Transparan) Visi dan Misi Desa Pakamban Laok

Artikel

Cegah PMK, PPL Pertanian dan Paramedik Veteriner Lakukan Vaksin Sapi

07 Juli 2022 11:21:56  Administrator  69 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pakamban Laok, Rabu 06 Juli 2022

Cegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Sumenep khususnya Desa Pakamban Laok, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Pragaan dan Petugas Paramedik Veteriner dari Kabupaten Sumenep, dibantu petugas Paramedik Veteriner dari Kecamatan Bluto, Saronggi dan Pragaan, melakukan vaksinasi sapi di Desa Pakamban Laok kecamatan Pragaan kabupaten Sumenep.

Vaksin diberikan pada sapi milik Bapak Jazuli RT. 01 RW 03 Dusun Talon dengan jumlah Sapi yang divaksin sebanyak 4 (empat) ekor.

Pak Sayuti selaku Koordinator PPL Kecamatan Pragaan mengatakan bahwa di masa PMK seperti sekarang ini vaksinasi ternak dianggap sebagai cara paling efektif untuk mengendalikan penyakit PMK yang sedang mewabah. Kegiatan vaksinasi bermanfaat tidak hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh ternak, tetapi juga berperan penting mendukung sektor ekonomi. Penyakit PMK telah banyak menimbulkan kerugian secara ekonomi akibat kehilangan dan biaya produksi yang meningkat akibat pengobatan.

Namun demikian, tambahnya, ternak yang dapat divaksin PMK adalah ternak yang nyata nyata sehat, tidak sakit dan sapi yang sembuh dari PMK harus menunggu 4 (empat) bulan dari sembuhnya, baru bisa divaksin.

Menurut pak sayuti apabila ada ternak sapi yang sakit maka harus di karantina dengan cara dipisahkan dari ternak lain agar tidak menularkan penyakitnya. (Zbr/Hba).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Sumenep - Pamekasan No. 110
Desa : Pakamban Lao
Kecamatan : Pragaan
Kabupaten : Sumenep
Kodepos : 69465
Telepon :
Email : pakambanlaok.pragaan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:23
    Kemarin:98
    Total Pengunjung:24.014
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.17.3.252
    Browser:Mozilla 5.0