Pakamban Laok Bersemangat (Pakamban Laok Bersih, Sejahtera, makmur dan Aman dengan Pemerintahan Yang Adil dan Transparan) Visi dan Misi Desa Pakamban Laok

Artikel

Meriahkan HUT RI ke 77. TP. PKK Desa Pakamban Laok mengikuti Lomba Taman Posyandu

06 Agustus 2022 14:12:48  Administrator  67 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pakamban Laok, Pragaan Sumenep 6/8/2022 - Sambut Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 Tahun, Tim Penggerak PKK Desa Pakamban Laok mengadakan berbagai lomba. Salah satunya lomba Taman Posyandu se-kecamatan Pragaan.

Kegiatan tersebut dimotori oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Pragaan, yang komandani oleh Ibu Gita Sri Wahyuni selaku ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pragaan.

Lomba Taman Posyandu tersebut diikuti oleh 14 (empat belas) desa se-kecamatan Pragaan.

Dalam kegiatan ini para Kader Posyandu sangat gembira sekali,  karena sudah lama tidak pernah ada lomba seperti ini dikarenakan selama dua tahun lamanya wabah Covid 19 melanda Indonesia,” ujar Ibu Tartila.

Sementara itu, Ibu Halifah, kader posyandu Cempaka berharap agar momentum kemerdekaan republik Indonesia yang ke 77 tahun menjadi pelecut semangat kader posyandu di desanya untuk bangkit sehat

“Kegiatan pada momentum HUT RI ini hendaknya menjadi momentum kebangkitan kesehatan untuk kita semua,” tuturnya.

Sebagai wujud untuk membangkitkan derajat kesehatan masyarakat adalah dengan adanya kegiatan posyandu (pos pelayanan terpadu) yang merupakan salah satu upaya untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan kesehatan dasar. 

"Posyandu berguna untuk menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (Ibu hamil, melahirkan dan nifas), membudayakan NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera), meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera," tambahnya.

Sekaligus menghimpun potensi masyarakat untuk berperan serta secara aktif meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu, bayi, balita dan keluarga serta mempercepat penurunan angka kematian ibu, bayi, balita.

Dalam perkembangannya untuk meningkatkan kualitas posyandu, kegiatannya diintegrasikan dengan program Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB) yang disebut sebagai Taman Posyandu.

Disamping melaksanakan tugas tugas pokok di posyandu, kegiatan kader di taman posyandu juga difokuskan pada deteksi dini tumbuh kembang balita. Kader sebagai pelaksana kegiatan di taman posyandu perlu terlebih dulu memahami tentang petunjuk teknis di Taman Posyandu dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan kader dalam melaksanakan deteksi dini tumbuh kembang balita.

“Rangkaian kegiatan lomba taman posyandu mempunyai peran penting dalam menggugah masyarakat dalam mengembangkan dan melakukan inovasi dalam kegiatan pelayanan dasar kesehatan masyarakat (Hba)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Sumenep - Pamekasan No. 110
Desa : Pakamban Lao
Kecamatan : Pragaan
Kabupaten : Sumenep
Kodepos : 69465
Telepon :
Email : pakambanlaok.pragaan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:32
    Kemarin:19
    Total Pengunjung:24.130
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.17.3.252
    Browser:Mozilla 5.0